Halooow
Syudaaah lama nampaknya ane gak nulis-nulis lagi. It’s been a years (halaaah!)
Hari ini gue lagi kesel-keselnya nih. Kesel sama atasan.
Atasan gue ini orangnya nge-gas banget. Bahkan ketika lo gak salah, lo bisa
di-gas sama dia. Selain itu dia orangnya keras kepala, sama kayak….gue. LOL.
Hari ini ada komplain dari pelanggan mengenai pajak. Perusahaan gue adalah
perusahaan perantara yang menggunakan jasa freight
forwarding (bisa searching kalo
mau lebih tau :D). Jadi kalo kita pake perusahaan FF atau PPJK (Perusahaan
Pengurusan Jasa Kepabeanan, cmiiw) kita bakal dibebanin biaya-biaya terkait
pengurusan dokumen di pelabuhan. Berhubung perusahaan gue adalah perusahaan
perantara, jadi biaya-biaya yg dibebanin ke gue itu bakal gue bebanin langsung
ke konsumen. Gue jg dapet beberapa faktur pajak yg ditujukan ke perusahaan gue
dan singkat cerita (bisa panjang beneran kalo diceritain) gue terkendala dalam
ngebebanin biaya itu ke konsumen, yaitu gue gak bisa buat Faktur Pajak (FP)
atas DPP Nilai Lain. Konsumen gue ini juga ngotot pengen dapet faktur pajak.
Setelah di-discuss akhirnya kita deal gak buat FP dan selang beberapa
minggu, konsumen ini komplain lagi. Singkat cerita ngomel-ngomel lah tuh atasan
gue sama orang sono. Beres itu, baru gue diceritain kasusnya (sambil
ngomel-ngomel juga ke gue). Naaah, dia itu nyeritain dengan cepat dan singkat.
Denger sekali penjelasan, gue jujur kagak ngarti coy, apalagi ini mengenai
perpajakan dan pengetahuan gue akan hal ini itu masih minim. Yang gue
permasalahkan adalah, kenapa atasan gue ini ngejelasin dengan semua
istilah-istilah yang gue paham itu seakan-akan gue udah paham. Yaaaaa susah lah
pak!
Pertama, gue gak sepenuhnya memahami alur transaksinya dan
gue juga lupaan orangnya hahahaha. Jadi gue melongo dulu tuh, inget-inget
bentar baru deh inget. Lalu dijelasin dengan cepat yang guenya juga kagak
ngarti -____- kenapa sih orang-orang itu gak pernah ngejelasin dengan
terstruktur???!! Minimal kan diceritain dulu latar belakangnya, ceritain
tentang aturan-aturan pajak yang berlaku sehingga si pendengar ini bisa lebih
memahami. Ini kan gue dijelasin, seakan-akan udah memahami semua. Dan ketika
ngedengerin semua itu gue ngerasa pengen garukin meja pake kuku kaki (laah
gimane ceritanye cuy).
Huffftthhh~ Oke lah poinnya disini adalah gue harus cepet
ngerti, gue gak boleh lupaan, gue harus lebih memahami kerjaan gue. Karena
memang, gak sepenuhnya gue paham alur operasi perusahaan. Maklum bro,
perusahaan gue kecil dan gak terstruktur dan juga karyawannya gak begitu
banyak. Jadi memang ada karyawan yang nanganin beberapa tugas, bahkan banyak
tugas. Satu sisi juga, orang-orang disini belum punya pengalaman sebagai
manajer, sehingga dalam pembagian tugas nya mungkin kurang terforsir. Hehehe.
Pokoknya gitu deh ah.
No comments:
Post a Comment