Monday, 5 February 2018

gawe

Have u ever doubt about your future?
Kerja yang menjengkelkan #halah
Bayangin aja, kerja tanpa adanya SOP kaki kambing atau SOP iga sapi. Eh, SOP perusahaan maksudnya. SOP yang ngatur bagaimana mekanisme atau urutan pekerjaan. Paling kerasanya sih bagian filing dokumen atau mengarsipkan dokumen. Semua serba seenaknya! Misalkan udah ada nih SOP nya (meskipun lisan), contoh: nanti faktur pajak kasih ke saya ya. Terus gak tau kenapa, ada aja faktur pajak yang gak dikasih ke saya, masuknya ke arsip lain. Pas ditanya, alasannya selalu LUPA, “iya, soalnya buru-buru”. Halaaah. Kesel sih kenapa gak ngikutin aturan yang udah kita buat. Selalu aja buat aturan baru, emang sih kalo mau salah-menyalahkan ya gak ada yang salah, toh SOP nya kagak ada. Gak mungkin kan gue nyalahin beliau? Duch. Rasanya tuh kesel, ngebatin, pengen langsung berkata kasar ha ha ha. Iyalah, gara-gara itu kita jadi gak rapih pengarsipannya. Dikit-dikit aturannya berubah, semua ya semau kita.
Selanjutnya adalah, permasalahan males ngecek data. Misalkan ada invoice yang harus dibayar, setelah dibayar kan musti diberi tanda atau dimasukkan ke arsip lain sehingga kita bisa tahu apakah invoice tersebut telah dibayar atau belum. Mostly, kebanyakan kasusnya adalah pengecekkan yang berulang. Invoice yang telah dibayar hari ini, besoknya akan dicek lagi atau bahkan dua hari setelahnya, seminggu setelahnya. Satu sisi, kemampuan mengingat kita kan terbatas (alias lupa)
Darimana ya w ceritanya? #pertanyaan #bingung #binundh
Yaaah namanya juga hidup, kadang mengeluh, kadang gak ngeluh. Kadang seneng, kadang gak seneng. Kadang everything seems normal, kadang everything seems unnormal. Auk dah!
Semua bermula dari kepensiunan seseorang. Bukan bokap, bukan sodara, melainkan rekan kerja. Ya, seorang manajer. Manajer lo selama ini. Ya dari awal mula kerja, sampe sekarang. Dari Juni 2016 sampe saat ini, udah setaun empat bulan. Sempet mikir, kalo ini semua adalah kesempatan. Kesempatan pala lu!!! LOL. Mikir kalo nanti posisi manajer itu bakal berpindah ke tangan w. Tapi ya gak semudah itu tjooy! FYI, w kerja di sebuah perusahaan swasta. Perusahaan keluarga. So, lo gak bakal dapet posisi penting kalo lo itu orang baru. Orang lama aja belom tentu dikasih jabatan. Jadi ya…gak mungkin w bakalan jadi manajer. Mungkin iya, tapi di tempat lain he..he..
Okeeey, balik lagi ke cerita pensiun. Manajer w bakalan pensiun di akhir bulan ini. Yap, akhir oktober. Mungkin sekitar seminggu lagi dari cerita ini rilis #tsaah. So, manajer gua pensiun, ntar bakalan ada pengganti dong. Penggantinya ini adalah seorang manajer juga. Manajer dari PT lain, yang masih satu grup dengan PT tempat w kerja. Jadi ya ini perusahaan keluarga, terdiri dari beberapa PeTe. Nah, yang mau w ceritain ya dia itu. Calon manajer w nanti.
Namanya orang ya pasti beda-beda dong. Beda fisik, beda pembawaan, beda karakter. Pokoknya beda deh. Nah, kalo w bandingin, manajer lama w dengan manajer baru w ini sangatlah jauh bedanyaaaaa. Bhuaaalaaoooo! Manajer w yang lama itu friendly bet, keibuan (sampe-sampe lo telat makan siang aja dimarahin lol), panikan, lupaan, dll lah. Nah kalo manajer w yang baru itu bossy bangetttt. Susah deh kalo udah ketemu yang ginian, hampir setiap saat itu lo hanya diperintah, dan lo harus nurut. Even menurut lo perintah itu kurang tepat, lo tetep harus lakuin. Karena semakin lo menolak, atau semakin lo mulai berpendapat, wah berat tjooy. Mungkin w agak lebay, cuman ya dari beberapa kali perdebatan yang ada, doi ya makin emosi. Meskipun gak semua hal kayak gitu, cuman ya itu, kalo orang yang bossy itu gak mau nerima pendapat orang. Terlebih elo adalah bawahan. Satu-satunya yang bisa ngasih masukan ke dia, atau mungkin perintah ke dia ya orang yang jabatannya lebih tinggi. Contohnya direktur. Hahaha mateng dah. Oke. Gimana pendapat lo? Gua lagi nyoba ngasih gambaran singkat mengenai beliau. Semoga kebayang deh ya.
Sampai suatu hari, gua diajak ikut meeting bersama bos besar (a.k.a Direktur). Dan entah kenapa, gua dikasih kerjaan baru. Yaitu gua kudu input kas bank, juga semua pembelian penjualan PT lain. Jadi gua megang dua PT, yaitu accounting-nya. GILA GAK?!!! Atas dasar, ada orang yang mau pensiun, jadi w kelimpahan tugas baru. Lhaaaa kok gitu sih? Coba deh lo pikir, normalnya itu kalo ada orang keluar, ya harusnya ada orang baru. Bukan menggunakan SDM yang ada, karena beban kerja masing-masing juga bakalan overload. Yak an???!!! #maksa. Hal ini lah yang buat w mikir keras, kenapa bisa gitu. Zzzzzz. Dan sampe detik ini, jujur gua kewalahan. Gua masih belum terbiasa dengan kerjaan yang banyak ini. Haduuuuuhhhh. Bayangin aja, gua itu accounting sekaligus admin. Dari bikin invoice, faktur pajak, sampe itu invoice dikirimin ke customer itu ya tugas gua. Terus input ke komputer. Bahkan kadang juga ngecekin invoice dari supplier. Yang mana itu tuh tugasnya finance. Jadi tugas gua juga. GILAAA BRAAAY. ANJAAAYYYYY!!! Emang sih kalo dari segi banyaknya, ya gak begitu banyak. Cuman kan gua nya jadi gak fokus, karena banyak segmen yang gua ambil.
So, gua sampai di titik stress. Kayak sekarang ini. Jujur gua capek. Daripada gua mikirin mulu hal ini, mending gua tuliskan kekesalan ini. Hahahaha. Mana lagi, calon manajer w ini hanya bisa merintah, sai holana konsep attong. Ngomongin teknis kan beda braaay L
Idealnya seorang manajer itu, mengetahui masing-masing tugas anak buahnya. Gak kayak sekarang, pasti doi kagak ngarti. Fak!

No comments:

Post a Comment